Difinisi Robotic Process Automation (RPA) - ROBOTIC PROCESS AUTOMATION (RPA)

Sunday, November 3, 2019

Difinisi Robotic Process Automation (RPA)


Hasil gambar untuk robotic process automation

Difinisi Robotic Process Automation (RPA) Robotic Process Automation (RPA) 

 Merupakan konsep menggunakan robot untuk menggantikan pekerjaan manusia. Robot yang dimaksud dalam konteks ini bukanlah robot fisik yang duduk didepan komputer dan bekerja layaknya manusia, tetapi piranti lunak yang diprogram untuk bekerja seperti manusia. Piranti lunak mampu mengerjakan pekerjaan berulang lebih cepat dan lebih akurat dibandingkan manusia. Ketika pekerjaan yang dilakukan monoton, manusia bisa merasa jenuh dengan pekerjaannya dan produktifitas manusia bisa menurun.

              Berbeda dengan manusia, piranti lunak tidak memiliki perasaan sehingga piranti lunak akan tetap menghasilkan kualitas pekerjaan yang sama seiring dengan berjalannya waktu. Robotic process automation (RPA) mengacu pada perangkat lunak yang dapat diprogram dengan mudah untuk melakukan tugas dasar di aplikasi seperti yang dilakukan oleh pekerja manusia. Robot perangkat lunak dapat diajarkan alur kerja dengan banyak langkah dan aplikasi, seperti menerima formulir yang diterima, mengirim pesan tanda terima, memeriksa formulir untuk kelengkapan, memasukkan formulir ke dalam folder dan memperbarui spreadsheet dengan nama formulir, tanggal diajukan, dan seterusnya.

              Perangkat lunak RPA ini dirancang untuk mengurangi beban berulang, tugas sederhana pada karyawan. Tidak seperti pembelajaran yang dalam, robot perangkat lunak yang digunakan dalam otomatisasi proses robot diprogram untuk melakukan tugas dalam alur kerja tertentu oleh karyawan dengan beberapa bantuan dari pemrogram. Perangkat lunak ini tidak belajar sendiri atau berusaha mengubah efisiensi baru atau wawasan baru seperti analisis data yang besar atau perangkat lunak manajemen sumber daya perusahaan (ERM). RPA bekerja seperti asisten digital untuk pekerja dengan membersihkan tugas berat dan sederhana yang menghabiskan sebagian dari setiap hari pekerja kantor.

              Dengan demikian, RPA adalah produk yang lebih sederhana daripada sistem berbasis kecerdasan buatan atau perangkat lunak perusahaan yang berusaha membawa semua data ke dalam platform. Ini juga menjadikannya produk yang relatif lebih murah daripada perangkat lunak AI atau enterprise. Kesederhanaan dan murahnya relatif ini bisa membuat RPA menjadi solusi yang lebih menarik bagi banyak perusahaan, terutama jika perusahaan memiliki sistem dan aplikasi lawas. Otomatisasi proses robot dirancang untuk bermain bagus dengan kebanyakan sistem dan aplikasi lawas, sehingga memudahkan penerapan dibandingkan dengan solusi otomasi perusahaan lainnya.

1 comment:

@way2themes