10 Perusahaan Penyedia Software RPA Teratas Versi Gartner - ROBOTIC PROCESS AUTOMATION (RPA)

Saturday, November 2, 2019

10 Perusahaan Penyedia Software RPA Teratas Versi Gartner


NicoElNino Gartner memaparkan 10 penyedia software Robotic Process Automation dengan pendapatan dan pangsa pasar terbesar 2019. Gartner memaparkan sepuluh perusahaan penyedia software Robotic Process Automation(RPA) dengan pendapatan dan pangsa pasar global terbesar di tahun 2019. RPA mungkin belum sepopuler ERP, CRM, atau BI. Namun menurut data terbaru Gartner, dengan pertumbuhan pasar yang mencapai lebih dari 63% tahun lalu, Robotic Process Automation adalah software dengan pertumbuhan tercepat di kategori enterprisesoftware. Mengapa RPA disukai? Karena software ini memungkinkan penggunanya melakukan automasi terhadap proses-proses legacy tanpa harus mengganti sistem yang sudah ada. 

           Kemampuan ini sangat tepat diimplementasikan di perusahaan-perusahaan yang memiliki banyak sekali infrastruktur legacy, misalnya bank, perusahaan asuransi, telekomunikasi, dan perusahaan utility. “Kemampuan mengintegrasikan sistem legacyadalah pendorong utama proyek-proyek RPA. Dengan teknologi ini, organisasi dapat dengan cepat mengakselerasi inisiatif transformasi digitalnya, dengan tetap memperoleh value dari investasi terhadap teknologi-teknologi sebelumnya,” ujar Fabrizio Biscotti, Research VP, Gartner seperti dikutip dari TechCrunch.com. Dari sepuluh penyedia software RPA, UIPath menduduki posisi pertama. Startup yang tahun lalu memperoleh pendanaan sebesar US$568 juta itu menyita cukup banyak perhatian karena pertumbuhan yang mengesankan. 
             Dari peringkat ke-5 tahun 2017 dengan pendapatan sebesar US$15,7 juta, UIPath langsung melompat ke posisi teratas di daftar Gartnerdengan revenue US$114,8 juta atau meningkat 629,5% pada tahun 2018. Startup lain yang cemerlang di bisnis RPAadalah Automation Anywhere. Tahun lalu, startup yang memiliki valuasi sebesar US$2,6 miliar ini baru saja memperoleh pendanaan dari Softbank sebesar US$300 juta. Pendapatan Automation Anywhere tumbuh 46,5% dari US$74 juta menjadi US$108.4 juta, dan menduduki peringkat kedua dengan pangsa pasar 12,8%. Duduk di peringkat ketiga adalah Blue Prism. Perusahaan yang go public tahun 2016 ini mengalami pertumbuhan revenue yang juga mengesankan, 105%, dari US$34,6 juta menjadi US$71 juta. Dua penyedia solusi RPA yang juga memperlihatkan pertumbuhan pesat pada bisnisnya adalah NTT-ATT (456%) dan Kofax (256%). Inilah sepuluh penyedia solusi RPA dengan pendapatan dan pangsa pasar global terbesar berdasarkan data Gartner 2019.


No comments:

@way2themes